Pitch Deck dan Cara Pembuatannya
a. Apa itu Pitch Deck??
Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran umum mengenai rencana bisnis yang akan dibuat. Dengan bantuan tersebut, presentasi yang dihasilkan dapat menjelaskan seperti apa produk kepada calon investor dan membuat mereka tertarik memberikan pendanaan untuk bisnis yang akan dibuat.
Tak hanya untuk menjelaskan rencana bisnis, pitch deck juga dapat gunakan saat bertemu dengan perusahaan lain untuk bekerja sama atau orang yang akan menjadi calon Co-Founder.
b. Elemen yang Diperlukan dalam Pitch Deck
- Problem
- Solution
- Product
- Market Size
- Business Model
- Underlying Magic
- Competition
- Better/Different
- Marketing Plan
- Team Slide
- Traction / Milestone
c. Cara Membuat Pitchdeck
- Buat 10-12 slide presentasi
Sudah disebutkan dalam pengertian bahwa pitch deck merupakan presentasi singkat. Oleh karena itu, Anda tak perlu membuat banyak slide yang akan mengurangi efektivitas presentasi. Jumlah slide yang paling ideal adalah 10 sampai 12.
Mengapa hanya sedikit slide yang perlu ditampilkan? Audiens baik calon investor, konsumen, maupun partner bisnis hanya ingin mengetahui garis besar start up Anda.
Bisnis yang sukses tentu harus didukung oleh orang-orang yang kompeten dan mau bekerja sama. Sebutkan dan jelaskan mengenai orang-orang yang terlibat dalam pembentukan startup. Jelaskan pula mengapa orang-orang tersebut yang akhirnya terpilih.
Bagian ini juga digunakan untuk memperkenalkan tim Anda supaya terjalin kedekatan dengan audiens. Di samping itu, bagian perkenalan juga akan membuat calon investor semakin yakin dengan tim Anda yang solid.
Pada bagian ini, Anda dapat mengisi dengan foto produk secara detail. Apabila produk Anda berupa software atau aplikasi, lampirkan screenshot semua halaman penting yang ada di dalamnya. Jelaskan secara singkat mengenai produk Anda. Sebisa mungkin, Anda memberi keterangan produk paling banyak 10 kalimat.
Poin ini berisi penjelasan mengenai permasalahan yang menjadi latar belakang Anda mendirikan startup.
Jelaskan pula berapa orang yang mengalami masalah tersebut, cara Anda mengatasinya, serta potensi apabila dijadikan sebagai bisnis.
Hal ini adalah bagian paling inti yang harus Anda sampaikan kepada calon investor. Keputusan investor untuk membiayai startup Anda sangat tergantung dari penjelasan Anda mengenai potensi pasar.
Jadi, Anda perlu memperhitungkannya dengan matang.
Keberadaan pesaing adalah sebuah hal mutlak ada dalam setiap bisnis. Dalam pitch deck, Anda perlu menjelaskan secara gamblang tentang potensi persaingan bisnis Anda.
Sampaikan pula keunggulan startup Anda dibandingkan para pesaing.
Jelaskan pula bagaimana strategi yang akan Anda lakukan demi memenangkan persaingan. Anda harus menyampaikan optimisme yang masuk akan di bagian ini.
Satu lagi hal yang juga pasti dari semua bisnis adalah risiko. Anda juga sebaiknya menjelaskan faktor-faktor yang menjadi risiko dalam bisnis.
Jangan lupa jelaskan tentang hal yang akan Anda lakukan apabila risiko tersebut benar-benar terjadi.
Referensi :
- https://www.ekrut.com/media/pengertian-pitch-deck-dan-cara-membuatnya
- https://slidebean.com/blog/startups-pitch-deck-examples
- https://qwords.com/blog/pitch-deck-adalah/
0 comments:
Post a Comment